Segmentasi
pasar merupakan kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok
pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang
berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan
menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara
pembeli di pasar.
Dalam
penetapan segmentasi pasar, terdapat beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:
Dasar–dasar
segmentasi pasar pada pasar konsumen
1. Variabel
geografi
Variabel
tersebut, antara lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota , dan kepadatan iklim.
2. Variabel
demografi
Variabel
tersebut, antara lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan,
dll.
3. Variabel
psikologis
Variabel
tersebut, antara lain: kelas sosial, gaya
hidup, dan kepribadian.
Variabel
tersebut, antara lain: manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian,
status kesetiaan dan sikap pada produk.
Dasar–dasar
segmentasi pada pasar industri
Tahap 1,
yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai akhir, lokasi geografis,
dan banyaknya langganan.
Tahap 2,
yaitu sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian, kualitas produk, dan
pelanggan.
- Dapat
diukur
- Dapat
dicapai
- Cukup besar
atau cukup menguntungkan
- Dapat
dibedakan
- Dapat
dilaksanakan
Pembelian
mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi
pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada
beberapa tingkat yang berbeda.
1. Pemasaran
massal
Pemasaran
massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal,
dan promosi massal
untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
2. Pemasaran
segmen
Pemasaran
segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku
pembelian.
3. Pemasaran
ceruk
Pemasaran
ceruk (marketing niche) berfokus pada sub-group di dalam
segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefiniskan dengan lebih
sempit.
4. Pemasaran
mikro
Praktik
penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu
atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan
pemasaran individu.
Manfaat
dari segmentasi pasar adalah:
- Penjual
atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih
kesempatan-kesempatan pemasaran.
- Penjual
atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang
berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada
berbagai segmen.
- Penjual
atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya.
Analisis demografi pada pemasaran
produk, analisis demografi harus dilakukan. Hal tersebut berguna untuk
mengetahui trend demografis produk yang dipasarkan. Data dalam demografi
pemasaran dapat terdiri dari usia, ras, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan,
mobilitas, kepemilikan rumah, lokasi, status, pekerjaan, dan tingkat
pendidikan. Jika demografi konsumen telah di lakukan, maka hal selanjutnya yang
harus dilakukan adalah melakukan analisis demografi, agar demografi yang telah
dilakukan dapat kita ketahui hasilnya setelah kita melakukan analisis atas
demografi yang telah kita buat.
Ilmu demografi
terbagi menjadi dua, Adolphe Landry (1945) menyarankan dibedakan
antara istilah:
a. Demografi murni (pure demography)
Demografi formal yang menghasilkan
teknik-teknik untuk menghitung indikator-indikator kependudukan..
b. Studi atau analisis kependudukan yang lebih
luas
Studi mengenai hubungan antara faktor-faktor
perubahan penduduk dan faktor-faktor pembangunan.
Studi yang berusaha memberi penjelasan tentang
sebab akibat perubahan variabel demografi
Manfaat analisis
demografi
1. Mempelajari kuantitas dan distribusi
penduduk dalam suatu daerah tertentu.
2. Menjelaskan pertumbuhan penduduk pada masa
lampau, kecenderungannya, dan persebarannya dengan sebaik-baiknya dan dengan
data yang tersedia.
3. Mengembangkan hubungan sebab akibat antara
perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial, ekonomi,
budaya, lingkungan dan lain-lain.
4. Pemperkirakan pertumbuhan penduduk
(proyeksi penduduk) pada masa yang akan datang dan kemungkinan-kemungkinan
konsekuensinya.
Rencana Perubahan (analisis konsumen,
kebijakan fiskal, perubahan struktur pasar konsumen)
Perencanaan pemasaran adalah proses
perencanaan tahapan-tahapan aktivitas dalam pemasaran. Manfaat perencanaan
pemasaran:
- Perencanaan pemasaran merupakan peta situasi
pasar.
- Perencanaan pemasaran membantu dalam kontrol
manajemen dan implementasi strategi.
- Perencanaan pemasaran memberi informasi
peran dan fungsi setiap anggota baru dalam suatu perusahaan.
- Perencanaan pemasaran memperlihatkan
gambaran pengkoor-dinasian semua sumber daya untuk implemetasi.
- Perencanaan pemasaran menstimulasi pemikiran
baru dan pemanfaatan optimal sumber daya.
- Perencanaan pemasaran memberikan gambaran
pembagian tanggung jawab, tugas, dan pengaturan jadwal kegiatan.
- Perencanaan pemasaran mengantisipasi
masalah, kesempatan, dan ancaman.
Macam-macam perencanaan pemasaran:
Perencanaan produk baru: perencanaan yang
ditujukan untuk produk, layanan, lini produk, atau merek yang belum
diperkenalkan perusahaan. Untuk membuat perencanaannya, terkadang Anda dituntut
membuat banyak asumsi berdasar produk atau layanan yang mirip atau sejenis.
Perencanaan tahunan: perencanaan yang
ditujukan untuk produk, proyek, layanan, atau merek yang sudah ada dalam
perusahaan. Merupakan modifikasi atau penyesuaian perencanaan tahunan.
Rencana strategi adalah arah atau visi jangka
panjang organisasi dan bukan isu manajemen sehari-hari. Rencana strategi
menjangkau waktu lebih dari tahun anggaran berikutnya. Biasanya berjangka waktu
3 sampai 5 tahun. Sedangkan rencana pemasaran taktik adalah rencana jangka
pendek.
Proses penyusunan perencanaan pemasaran
terdiri dari:
1. penetapan pernyataan misi;
2. penetapan sasaran perusahaan;
3. melakukan audit pemasaran;
4. melakukan analisis SWOT;
5. membuat asumsi-asumsi;
6. menetapkan sasaran pemasaran dan strategi;
7. memperkirakan hasil yang diharapkan;
8. identifikasi rencan alternatif dan bauran;
9. menentukan anggaran;
10.membuat rencana implementasi satu tahun
pertama.
Apabila perencanaan pemasaran didasarkan pada
pasar, pelanggan, dan produk maka perencanaan perusahaan berkaitan dengan
sumber daya perusahaan. Perencanaan perusahaan memberi visi jangka panjang
tentang perusahaan.
** http://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_pasar
http://putraqwerty.blogspot.com/2012/10/segmantasi-dan-analisis-demografi.html
No comments:
Post a Comment