Sunday 8 June 2014

Dampak Mengkonsumsi Sayuran Organik

Sayuran organik adalah sayuran yang diproses secara organik. Sistem organik adalah suatu sistem pertanian yang cara budidayanya tanpa menggunakan pestisida ataupun pupuk buatan. Standar sayuran yang disebut sebagai sayuran organik, yaitu jika 95%-100% diproduksi tanpa insektisida, antibiotik, herbisida, pupuk kima, hormon pertumbuhan, dan sebagainya.

Manfaat terbesar dari sayuran organik adalah sayuran organik mempunyai nilai gizi yang tinggi dan sayuran organik lebih ramah lingkungan. Seperti yang diketahui, segala sesuatu yang alami akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Salah satunya adalah tidak membahayakan tubuh manusia karena tidak adanya zat kimia.

Menurut para akademis, sayuran organik dapat  memberikan dampak bagi tubuh diantaranya adalah:

a.       Mampu menurunkan berat badan

b.      Membuat tubuh lebih sehat

c.       Membuat panjang umur

d.      Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

e.       Melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel

f.       Memiliki pengaruh yang baik untuk program melawan kanker payudara

g.      Memperbaiki kesehatan secara umum

h.      Efektif mendorong pembakaran lemak pada tubuh

Makanan organik (red: sayuran organik dan buah-buahan organik) mengandung fenolat, tanin, flavanon, karotenoid, dan resveratol yang berfungsi sebagai pembakar lemak dan dikatakan membantu mencegah kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Sebuah studi membuktikan, bahwa makanan organik mengandung 12% metabolit dan 6% vitamin C lebih tinggi. Selain bermanfaat bagi kesehatan, sayuran dan buah organik juga ramah terhadap lingkungan dan dapat membantu kelangsungan hidup binatang.

No comments:

Post a Comment