Sunday 8 June 2014

Pelumas Pertamina Semakin Dikagumi Konsumen Indonesia


Jakarta - Konsistensi dalam menjaga kepuasan konsumen baik dari segi layanan maupun kualitas produk serta terus tumbuhnya pangsa pasar pelumas Pertamina telah membuahkan pengakuan bagi PT Pertamina (Persero) sebagai perusahaan produsen pelumas yang paling dikagumi dengan predikat Excellence di Indonesia. Ini merupakan keempat kalinya Pertamina meraih penghargaan serupa, berturut-turut sejak tahun 2011.

Melalui anak perusahaannya PT Pertamina Lubricants, Pertamina, kini menguasai sekitar 62% pangsa pasar pelumas domestik dan menjadi satu-satunya perusahaan di dunia yang berhasil mengamankan pangsa pasar dominan di pasar domestik yang sudah tidak lagi monopoli sejak 2001. Tidak puas dengan hanya menjadi raja di negeri sendiri, Pertamina pun merambah pasar internasional. Sekitar 25% dari produk pelumas Pertamina kini telah menyapa konsumen di 23 negara di lima benua.
”Penghargaan Indonesia’s Most Admired Companies yang diperoleh Pertamina untuk kategori pelumas ini membuktikan bahwa produk pelumas Pertamina semakin mendapat tempat di hati masyarakat. Ini tentu saja menjadi semangat baru bagi Pertamina untuk lebih memacu kinerja tidak hanya di pasar domestik tetapi juga pasar global,” kata Direktur Operasi PTPertamina Lubricants Andria Nusa di sela-sela penganugerahan Indonesia’s Most Admired Companies dalam ajang Corporate Image Award 2014 di Jakarta, Selasa (3/6).

Setidaknya terdapat empat pilar yang menunjang pertumbuhan bisnis pelumas Pertamina, yaitu komitmen tinggi dalam menjaga kualitas produk seiring dengan tuntutan konsumen, perbaikan terus menerus terhadap pelayanan kepada konsumen, efisiensi biaya untuk meningkatkan daya saing melalui manajemen rantai distribusi yang excellence, dan keamanan pasokan. “Dengan keempat pilar tersebut dan dukungan masyarakat konsumen, kami yakin Pertamina Lubricants akan dapat mencapai target masuk ke dalam jajaran 20 perusahaan pelumas terbesar dunia pada 2015.”

Corporate Image Award 2014 merupakan hasil kerjasama Frontier Consulting Group dan TEMPO. Penentuan perusahaan pemenang di setiap kategori industri berdasarkan survey terhadap 2.735 responden. Ada empat kelompok responden yaitu manajemen/pelaku bisnis, stock holder/ investor, jurnalis dan masyarakat umum.
Periode survey dilaksanakan selama bulan Maret hingga April 2014. Ada empat aspek penilaian survey yaitu:quality, performance, responsibility danattractiveness. Aspek quality meliputi kualitas produk/jasa, orientasi pelanggan, inovasi dan tingkat kepercayaan pelanggan. Aspekperformance meliputi pertumbuhan perusahaan dan kinerja manajemen.

Sementara itu, tanggung jawab lingkungan dan sosial masuk ke dalam aspek responsibility. Sedangkan aspekattractiveness mencakup kualitas pegawai dan posisi perusahaan sebagai tempat bekerja yang dianggap ideal. Corporate Image Index (CII) diperoleh dari skor rata-rata keempat aspek tersebut.

Sumber: http://m.detik.com/news/read/2014/06/07/085808/2601954/727/pelumas-pertamina-semakin-dikagumi-konsumen-indonesia

No comments:

Post a Comment