Saturday, 26 May 2012

10 Kota Terbaik Dunia Untuk Si Gila Belanja

Bagi para penggila belanja, bukan sebuah hal yang tabu untuk pergi ke luar kota bahkan ke luar negeri, hanya untuk memuaskan hasrat berbelanja (23/05). Beberapa kota dunia bahkan menjadikan belanja sebagai daya tarik bagi wisatawan. Dalam edisi kali ini Vibiznews akan membahas mengenai 10 kota surga belanja, khusus untuk Anda para penggila belanja. Nikmatilah!

10. Hong Kong

Hong Kong adalah segalanya tentang kemewahan, kenyamanan dan barang-barang eksklusif. Kota ini telah mengalami peningkatan tajam jumlah pengunjung. Pada tahun 2011 lalu jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota ini mencapai 42 juta orang, mengalami kenaikan 16.2%. Dan berbelanja merupakan ‘atraksi’ yang paling diminati oleh para wisatawan.

Kebanyakan wisatawan datang dari China dan bertujuan untuk mencari barang-barang mewah dengan harga terjangkau. Hong Kong mengenakan pajak impor yang lebih rendah, barang-barang yang dijual juga lebih bervariasi.

9. Austin, Texas

Kota berjulukan “ibu kota pentas music dunia” ini juga merupakan kota ideal untuk wisata belanja Anda. Perkembangan yang dialami Austin didukung oleh ekspansi ekonomi dan makin maraknya pusat perbelanjaan dan toko-toko.

Austin sedang berkembang pesar. Austin yang membanggakan “keanehan” sebagai salah satu kelebihannya, memiliki toko untuk semua otang. Toko-toko mewah seperti Saks Fifth Avenue dan Nordstrom berdampingan dengan toko-toko kecil yang menjual barang special. Austin merupakan kota yang sangat mendukung bisnis kecil dan butik.

8. Paris

Tentu saja semua orang menantikan kapan kota ini akan disebutkan. Jika kita berpikir mengenai couture, Paris otomatis menjadi kota yang muncul di pikiran kita. Paris merupakan Mekah bagi para gila belanja. Di kota ini deretan toko-toko keren dapat ditemukan di lingkungan yang sangat indah, dan orang-orang yang fashionable bagaikan menjadikan jalanan kota Paris sebagai catwalk-nya.

Paris merupakan rumah dari lima departemen store besar dan tidak kurang dari 17,500 toko. Dan toko-toko tersebut sama sekali tidak akan kekurang pembeli. Ada 2.2 juta orang yang tinggal di kota tersebut. Dan pada bulan Januari 2011 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Paris mencapai 15.6 juta orang.

7. Los Angeles

Alasan wisatawan berkunjung ke LA adalah karena cuaca hangat dan pantainya. Pada tahun 2011 lalu jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota ini mencapai rekor terbanyak mencapai 26.9 juta orang.

Untuk masalah belanja, LA tidak kurang dari sebuah “kultur mall”. Sebagian besar mall dibangun pada tahun 1960-70. Akan tetapi pada tahun 2010 kawasan Santa Monica Place direnovasi dan dibuka kembali. Kawasan ini menjadi mall paling terkenal di kawasan pantai Santa Monica.

6. Melbourne

Melbourne dikenal sebagai Milan-nya Australia. Ibu kota Victoria ini merupakan kota dengan penduduk multikultur terbesar di Negeri Kangguru tersebut. Pada tahun 2011, jumlah yang dibelanjakan oleh wisatawan asing mencapai 4.3 miliar aussie, naik 9.4% dibandingkan tahun 2010.

Salah satu insentif untuk berbelanja di kota ini adalah adanya ‘skema pengembalian untuk wisatawan’ di mana pemerintah akan mengembalikan sepenuhnya uang yang dibayarkan untuk pajak barang yang dibeli di Australia.

Hal yang menarik di kota ini juga alat transportasi yang berupa tram. Orang dengan mudah dapat berbelanja keliling kota dengan tram.

5. London

Banyak even besar yang akan terjadi di London. Tahun ini London akan menjadi tuan rumah dari pesta olah raga dunia, Olimpiade Musim Panas 2012. Di bulan Juni London juga akan mengadakan even Queen’s Diamond Jubilee yang menandai 60 tahun berkuasanya Ratu Elizabeth II.

Toko-toko di London sudah mempersiapkan diri menghadapi lonjakan wisatawan. Beberapa kawasan yang patut menjadi perhatian bagi para penggila belanja adalah Oxford Street untuk barang-barang mewah. Knightsbridge juga merupakan kawasan untuk penggila belanja yang suka dengan kemewahan. Bagi Anda yang berbudget lebih terbatas dapat mengunjungi Camden Market dan Carnaby Street.

4. New York

The Big Apple merupakan kota yang sangat multikultur. Kota ini memiliki segalanya untuk semua orang. Mulai dari Anda dengan budget tidak terbatas, hingga Anda yang memiliki budget terbatas, bisa dipuaskan oleh kota impian ini.

Di kawasan Lower East Side ada Nolita yang memiliki butik-butik special mulai dari Erica Tanov hingga Ivana Helinski. Di Orchard Street Anda dapat menemukan barang-barang vintage yang indah. Sementara di Brooklyn yang berkembang sebagai kawasan yang trendy, Anda dapat menemukan “harta karun” yang tidak terduga.

3. Copenhagen

Copenhagen merupakan tempat di mana para pengamat mode pergi untuk mengamati pergerakan trend. Setiap bulan Februari dan Agustus lebih dari 60,000 desainer, pembeli dan media datang ke kota ini untuk menghadiri Copenhagen Fashion Week. Para desainer juga dapat ambil bagian dalam Copenhagen Fashion Festival yang bertepatan dengan fashion week. Even ini dimeriahkan dengan peseta jalanan, konser dan even belanja.

2. Philadelphia

Philadelphia merupakan taman bermain sejarah, dengan Liberty Bell dan Independence Hall yang menjadi dua spot yang wajib dikunjungi. Akan tetapi di samping wisata sejarah, kota ini juga cocok untuk wisata belanja.

Philadelphia menawarkan segalanya, mulai dari barang mewah hingga produk-produk buatan lokal. Ada pula bonus tambahan bagi Anda yang berbelanja di kota ini - tidak ada pajak untuk pakaian dan sepatu.

1. Milan

Tidak mungkin daftar kota belanja dunia dibuat tanpa mengikutsertakan Milan. Setiap rumah mode dunia memiliki toko di kota ini. Bahkan ada tur yang khusus diatur untuk wisatawan melakukan wisata belanja.

Excelsior merupakan tujuan yang harus dikunjungi. Berlokasi di Duomo, tempat ini merupakan surge merek-merek internasional bercita rasa tinggi. La Vetrina di Beryl merupakan tempat untuk penggemar sepatu. Salah satu toko paling “berpengaruh, trend setter” di dunia adalah 10 Corso Como.

** http://www.vibiznews.com/news/business/2012/05/23/10-kota-belanja-terbaik-dunia-

No comments:

Post a Comment

Post a Comment