Monday 14 May 2012

Miliarder Termuda Jepang Rugi USD700 Juta dalam Sehari





Ilustrasi. Foto: Corbis

Ilustrasi. Foto: Corbis
Tanaka, miliarder termuda asal Jepang mengalami kerugian sebesar USD700 juta, karena saham dari perusahaan yang dimilikinya, Gree, merosot tajam. Gree merupakan perusahaan penyediaonline game di Jepang.


Saham Gree anjlok 23 persen secara tiba-tiba pada Senin 7 Mei waktu setempat. Anjloknya tersebut terjadi di tengah berita investigasi, yang diizinkan oleh Bursa Tokyo (Tokyo Stock Exchange).


Pria berusia 35 tahun yang kekayaannya diperkirakan Forbes USD4,3 miliar pada Maret 2012, memegang 48,8 persen saham di Gree.


Dilansir dari Forbes, Sabtu (12/5/2012), kerugian saham tersebut terjadi setelah penyelidikan yang dilakukan oleh Badan Urusan Konsumen di Jepang atas Complete Gatcha (kompugacha), sebuah mekanisme yang digunakan untuk menghasilkan banyak uang dari perusahaan game-nya.


Sumber yang dekat dengan CAA, seperti diberitakan suratkabar Yomiuri Shinbun di Jepang, Badan Urusan Konsumen tersebut mengumumkan kompugacha merupakan sebuah pelanggaran hukum bagi konsumen Negeri Sakura.


Selain Gree, sebuah perusahaan game mobile raksasa, DeNA, juga mengalami hal yang serupa. Sahamnya juga amblas 20 persen pada hari yang sama. Padahal, mereka baru saja menandatangani perjanjian dengan Disney untuk mempromosikan game sosial dan mobile, bernama permainan Mobage.


Sekadar informasi, kompugacha adalah sebuah permainan yang menggunakan uang sungguhan, bulkan menggunakan kartu seperti mainan serupa pada umumnya. Uang tersebut dimasukan ke dalam mesin penjual yang merupakan bagian dari permainan tersebut. Sebelumnya, jenis permainan seperti itu telah dipopulerkan oleh DeNA Idolm@ster-Cinderella Girls. (ade)

** http://economy.okezone.com/read/2012/05/12/213/628458/miliarder-termuda-jepang-rugi-usd700-juta-dalam-sehari

No comments:

Post a Comment