Thursday 1 March 2012

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA


Ilmu pengetahuan itu bermula dari  rasa ingin tahu. Hewan juga mempunya “rasa ingin tahu” akan tetapi tak berkembang atau disebut “idle curiosity” atau “instinct”. Segala aktivitasnya didorong oleh instink itu dengan tujuan untuk melestarikan hidupnya. Untuk itulah mereka mencari makan, melindungi diri, dan berkembang biak.
Sedangkan manusia mempunyai rasa ingin tahu yang berkembang. Akumulasi dari segala yang mereka dapat dari usahanya mendapatkan jawaban dari keingintahuannya itu merupakan “pengetahuan”nya. Pengetahuan manusia selalu berkembang. Ia selalu tidak puas dengan fakta tetapi ingin tahu juga tentang “bagaimana” dan “mengapa” demikian.
Manusia menjawab pertanyaan-pertanyaannnya sendiri melalui pengamatan dan pemikirannnya. Karena keterbatasan alat pengamat yang mereka buat dan didorong oleh rasa ingin tahunya, maka timbullah “mitos”, seperti mitos tentang raksasa yang menelan bulan dan sebagainya. Cerita-cerita yang dibuat berdasarkan mitos ini disebut “legenda”. Mitos dan legenda dapat diterima masyarakat pada masa itu karena merupakan jawaban untuk memenuhi hasrat ingin tahu.

No comments:

Post a Comment